Hosting ASP.NET MVC di Windows Azure (Part 2)

Pada artikel sebelumnya kita telah berhasil membuat project ASP.NET MVC kemudian memasang website tersebut pada Windows Azure. Pada artikel kali ini kita akan menggunakan Entity Framework Code First untuk membuat database di SQL Azure dan kemudian mengakses database tersebut dari Windows Azure.

1. Buka project ActualTraining yang sebelumnya sudah kita buat.

2. Kemudian kita akan menambahkan data baru yang akan ditampilkan. Sebagai contoh kita akan membuat database dengan ‘Course’ untuk menyimpan data mahasiswa.

3. Tambahkan class baru pada table model dengan nama ‘Course’.

public class Course { public int CourseID { get; set; } public string Title { get; set; } public string Description { get; set; } public decimal Prices { get; set; } }

4. Buat Controller baru dengan nama CourseController.

image

image

5. Tambahkan detail berikut pada controller yang anda buat. Jangan lupa untuk memilih model Course yang sudah anda buat sebelumnya, kemudian tambahkan juga class DataContext baru.

image

6. Kemudian pada file ActualTrainingContext tambahkan kode berikut untuk menambahkan data contoh.

public class ActualTrainingContextInitialize : DropCreateDatabaseIfModelChanges<ActualTrainingContext> { protected override void Seed(ActualTrainingContext context) { context.Courses.Add(new Course { Title = "C# Fundamental", Description = "Course ini berisi materi dasar pemrograman C#", Prices = 100000 }); context.Courses.Add(new Course { Title = "ASP.NET MVC", Description = "Course ini berisi materi tentang pemrograman Web berbasis ASP.NET MVC", Prices = 150000 }); } }

7. Tambahkan juga kode berikut pada file global.asax untuk membuat database ketika aplikasi pertama kali dijalankan.

protected void Application_Start() { ………………………………………… Database.SetInitializer<ActualTrainingContext>( new ActualTrainingContextInitializer()); }

8. Jalankan aplikasi anda, maka database akan dibuat secara otomatis.

image

9. Jika anda lihat pada solution explorer di aplikasi anda maka dapat dilihat bahwa ada database yang secara otomatis dibuat yaitu ActualTrainingContext-20140308233949.mdf

image

Membuat Database pada Windows Azure

1. Buka Windows Azure Management untuk membuat database baru.

2. Pilih SQL Database – NEW, untuk membuat database baru.

3. Masukan nama database, pilih new sql database server, dan masukan username dan password untuk mengakses database server tersebut.

image

4. Setelah database selesai dibuat maka hasilnya dapat dilihat pada gambar dibawah sebagai berikut.

image

5. Langkah selanjutnya adalah kita akan mengcopy connection string untuk melakukan koneksi dengan database yang sudah kita buat di windows azure.

image

6. Pada menu dashboard di database pilih ‘Show connection string’. Kemudian copy conn

image

7. Kemudian tambahkan konfigurasi connection string tersebut ke file web.config pada aplikasi anda.

image

8. Kemudian publish kembali aplikasi yang sudah anda buat ke Windows Azure (langkah untuk publish aplikasi ASP.NET MVC ke Windows Azure dapat dilihat pada artikel sebelumnya).

9. Setelah aplikasi anda berhasil dipublish di Windows Azure, coba untuk akses url http://<url_app_anda>/Course untuk menampilkan daftar Course.

image

Pada contoh diatas terlihat bahwa sangat mudah untuk membuat database (SQL Azure) di Windows Azure untuk dapat digunakan di aplikasi ASP.NET MVC anda. Selamat mencoba dan Happy Coding !!

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s