AJAX Revolusi Pada Aplikasi Berbasis Web

Selama satu tahun terakhir, perkembangan teknologi aplikasi berbasis web mengalami perubahan yang cukup signifikan dengan diperkenalkannya teknologi AJAX lewat artikel yang ditulis oleh Jesse James Garrett pada awal tahun 2005. AJAX adalah kependekan dari Asynchronous JavaScript and XML. Dengan teknik ini dimungkinkan suatu halaman web untuk memperbaharui dirinya tanpa harus melakukan full refresh. Jika biasanya anda harus lelah untuk menunggu lama ketika halaman web selesai untuk di-load, dan harus berhadapan dengan tampilan yang kurang interaktif dan responsif dibandingkan dengan aplikasi desktop, maka dengan teknik AJAX semua masalah itu dapat diatasi. Dengan AJAX aplikasi berbasis web menjadi lebih interaktif, responsif dan mudah digunakan seperti layaknya aplikasi berbasis desktop.

AJAX sebenarnya adalah gabungan dari beberapa teknologi web standar yang sudah ada yaitu: XHTML (eXtensible Hypertext Markup Language) dan CSS (Cascade Style Sheet) untuk standar presentasi dan strukturnya, menampilkan dan manipulasi halaman web menggunakan DOM (Document Object Model) , pertukaran data menggunakan XML (eXtensible Markup Language), asynchronous data retrieval menggunakan objek XMLHttpRequest, dan terakhir JavaScript yang berinteraksi secara dinamis dengan semua teknologi diatas. AJAX tidak tergantung pada teknologi server-side tertentu, anda dapat menggunakan AJAX menggunakan PHP, JSP atau ASP.NET.

AJAX pertama kali digunakan pada aplikasi Google Maps (http://maps.google.com) yaitu situs yang menyediakan layanan pencarian lokasi tertentu pada peta. Google Maps memanfaatkan teknik AJAX sehingga meskipun anda menggunakan browser untuk menjalankan aplikasi ini namun tampilan dan fungsionalitasnya sangat mirip dengan aplikasi desktop yang cepat dan responsif sehingga tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan lokasi yang diinginkan. Google juga menggunakan teknik AJAX dibeberapa aplikasi yang lain seperti GMail (aplikasi email dari google), Google Calendar dan Google Suggest, Selain Google beberapa perusahaan besar IT seperti Yahoo, dan Microsoft juga menggunakan teknologi ini pada beberapa aplikasi berbasis web milik mereka. Yahoo menerapkan AJAX pada aplikasi Yahoo Mail versi beta, jika anda menggunakan aplikasi email pada Yahoo anda akan merasakan kemiripannya dengan aplikasi mail berbasis desktop seperti Microsoft Outlook atau Mozilla Thunderbird.

image

Selain banyak kelebihan dari teknologi AJAX, ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu bahwa dibutuhkan browser yang cukup baru untuk menjalankan AJAX dengan sempurna, paling tidak IE versi 6 keatas atau FireFox versi 1.5 keatas. Masalah juga ditemukan bila pengguna menggunakan browser pada PDA yang kemampuannya terbatas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s