Azure Table Storage dengan ASP.NET MVC (Part 1)

Banyak developer yang tidak mengetahui apa itu azure table storage, dan ada sebagian developer yang belum tahu benar apa kegunaan dari azure table storage. Bagi kebanyakan developer pengalaman menggunakan table storage adalah menggunakan database relasional seperti SQL Server atau MySQL. Database relasional terdiri dari banyak table, dan setiap table memiliki kolom yang sudah terdefinisi secara jelas. Anda dapat mendefinisikan satu atau lebih kolom sebagai kolom identitas (primary key). Kolom identitas tersebut juga digunakan untuk merelasikan antar table.

Azure menyediakan beberapa cara untuk penyimpanan dan pengaturan data yaitu: SQL Azure untuk menyimpan relasional data, DocumentDb, Blob, dan Table Storage. Bagi developer yang familiar dengan relasional database, Azure Table Storage kadang dirasa janggal dan banyak yang belum paham dengan cara kerjanya.

Secara desain Azure table storage mempunyai potensi untuk menyimpan data dengan jumlah besar, dan menyediakan cara yang efisien untuk pengaksesan kembali datanya. Tidak seperti relational database yang memiliki berbagai macam aturan seperti constrain, relationship, view, store procedure, dll. Pada table storage anda hanya berurusan dengan data. Azure table menggunakan keys yang efisien untuk digunakan meng-query data. Anda juga dapat menggunakan PartitionKey untuk kebutuhan load balancing jika anda memutuskan untuk menyimpan data pada lebih dari satu server. Table storage juga tidak memiliki schema yang spesifik. Table storage hanya merupakan baris data yang terstruktur. Anda dapat memiliki table yang hanya menyimpan satu jenis tipe data saja atau dapat juga menyimpan beberapa jenis tipe data dalam satu table.

image

image 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menambahkan Storage Account baru pada layanan Azure. Jika anda belum memiliki akun Microsoft Azure anda dapat mendaftar untuk mendapatkan versi trial pada url berikut https://azure.microsoft.com/en-us/pricing/free-trial/

Kemudian tambahkan Storage Account baru, pada contoh berikut

image

image

Pada tahap ini anda sudah berhasil untuk membuat Storage Account baru, pada tutorial selanjutnya kita akan membuat project ASP.NET MVC baru dan menambahkan Azure Table Storage dan Blob kedalam Storage Account yang sudah kita buat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s